Penyebab Darah Tinggi Dan Pencegahannya

penyebab darah tinggi dan pencegahannya,- Tekanan darah tinggi atau hipertensi, salah satu penyumbang utama penyakit jantung dan stroke. Selain menyebabkan kematian tekanan darah tinggi juga meningkatkan risiko gagal ginjal, kebutaan, dan beberapa kondisi lain. Hipertensi kerap terjadi bersamaan dengan faktor-faktor risiko lain seperti obesitas, diabetes, dan kolesterol tinggi yang meningkatkan risiko kesehatan,”.

Simak Ulasan Mengenai Penyebab Darah Tinggi Dan Pencegahannya Berikut :

  • Jika Anda memiliki keluarga dengan riwayat darah tinggi, kemungkinan besar Anda juga bisa mengidap penyakit yang sama. Jika Anda berasal dari keluarga dengan riwayat serangan darah tinggi, Anda perlu melakukan pemeriksaan berkala.
  • Faktor selanjutnya yaitu kegemukan atau obesitas. Remaja yang bertubuh lebih gemuk daripada rata-rata teman sebayanya cenderung memiliki tekanan darah tinggi. Kurang olahraga dan banyak makan menambah beban kerja jantung yang tentu harus bekerja lebih keras memompa darah ke seluruh tubuh. Dalam waktu lama, jantung dan arteri akan rusak dan mengakibatkan komplikasi lain.
  • Tekanan darah tinggi juga disebabkan oleh beberapa penyakit dalam tubuh. Ini dikenal dengan istilah tekanan darah tinggi sekunder. Penyakit ginjal, ketidakstabilan aorta, kelainan hormonal, dan arteri yang menyempit dapat menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.
  • Keadaan emosi yang tak menentu juga dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi. Untuk itu, usahakan tubuh dalam keadaan santai ketika memeriksakan tekanan darah ke dokter atau tenaga medis lain. Selain hal-hal yang telah disebutkan tadi, masih ada faktor yang menyebabkan kenaikan tekanan darah.
  • Sleep apnea, suatu kondisi medis yang ditandai dengan mendengkur dan napas yang terputus-putus selama tidur malam juga merupakan faktor pemicu terjadinya tekanan darah tinggi.
  • Menurut penelitian di Johns Hopkins School of Public Health, orang yang punya kebiasaan mendengkur dan seakan sesak napas pada saat tidur memiliki resiko besar mengalami tekanan darah tinggi.
  • Obat-obatan tertentu memicu pula tekanan darah tinggi, walaupun sementara. Apabila obat-obatan tersebut diminum di pagi hari, tekanan darah akan meningkat pada pagi hari dan menjelang malam hari.
  • Misalnya, Corticosteroids, obat yang dipergunakan untuk menangani asma, penyakit autoimun, radang kulit dan alergi parah, dapat meningkatkan tekanan darah. Begitu juga dengan Decongestant.
  • Penyebab tekanan darah tinggi yang lainnya, jam kerja. Jam kerja seseorang dapat mempengaruhi tekanan darah. Menurut pakar kesehatan Universitas Harvard Frank Scheer, orang-orang yang mengerjakan pekerjaan di luar rutinitas atau kemampuannya menunjukkan terjadinya peningkatan tekanan darah.
  • Penyebab lain, tumor adrenal. Kelenjar adrenalin memproduksi hormon yang mempengaruhi detak jantung, aliran darah, dan tekanan darah. Apabila ada tumor di kelenjar adrenalin, maka produksi hormon ini pun akan meningkat secara berlebihan.
  • Anda pecandu rokok dan makanan berkafein? Tekanan darah tinggi juga seringkali disebabkan oleh gaya hidup perokok berat dan konsumen minuman atau makanan berkafein. Kandungan nikotin dalam rokok menyebabkan penyempitan pembuluh darah.
  • Pembuluh darah yang menyempit memaksa jantung bekerja lebih keras memompa darah. Minum kopi juga dapat meningkatkan tekanan darah. Jika orang tersebut sudah memiliki takanan darah tinggi, resikonya justru bertambah besar. Tekanan darah tinggi yang tak terkendali pada akhirnya dapat mengakibatkan stroke, serangan jantung, penyakit ginjal, serta penyakit berbahaya lainnya.

Penyebab Darah Tinggi Dan Pencegahannya

Mencegah hipertensi dengan pola hidup sehat
Menerapkan pola hidup yang sehat dalam keseharian kita sangat penting dalam pencegahan hipertensi. Sebaliknya pola hidup yang tidak sehat beresiko tinggi terkena penyakit hipertensi.

Pencegahan dengan medical check up
Orang yang rentan terhadap hipertensi, baik karena faktor keturunan atau pun gaya hidup, sebaiknya rajin memeriksakan diri tekanan darahnya ke dokter atau tenaga medis lain. Sebab, darah tinggi atau hipertensi bila tidak segera diatasi adalah pra kondisi bagi penyakit lain yang lebih serius. Dengan demikian, mencegah darah tinggi berarti pula mencegah diri kita dari penyakit lain.

Pencegahan hipertensi cara tradisional
Indonesia adalah negara yang kaya dengan tanaman obat tradisional. Beberapa diantara tanaman tradisional (serta hasilnya) yang bisa di gunakan sebagai obat darah tinggi misalnya : alpukat, mentimun, bawang putih, daun seledri, belimbing, pace atau mengkudu, pepaya, selada air, cincau hijau dan lain-lain. Selain dengan memanfaatkan khasiat dari berbagai tumbuhan tersebut, ada cara tradisional yang sering di gunakan dan telah terbukti yakni dengan memanfaatkan khasiat teripang, hewan laut yang memiliki segudang kandungan zat gizi dan manfaat positif bagi kesehatan.

Rekomendasi terbaik untuk anda dalam mencegah dan mengobati penyakit jantung

penyebab darah tinggi dan pencegahannyaJelly Gamat merupakan produk kesehatan yang terbuat dari 100% bahan alami yang tentunya aman bagi tubuh. Jelly gamat Obat Yang efektif Mengobati Berbagai Macam Penyakit termasuk Penyakit Strok Ringan, ataupun stroke berat, dan berbagai penyakit kronis lainnya. Teripang bermanfaat melancarkan peredaran darah, melancarkan metabolisme tubuh, melancarkan fungsi ginjal, menurunkan tekanan darah, dan mempercepat penyembuhan luka. Di dalam jelly gamat terdapat kandungan yang dikenal sebagai glycosaminoglycans (GAGs) yang memberikan efek pelendiran dinding sel, sehingga mampu mengencerkan darah beku atau mencegah penggumpalan melalui pengenceran darah. Untuk informasi selengkapnya mengenai khasiat jelly gamat menurunkan darah tinggi, silakan klik Obat Darah Tinggi

Penyebab Darah Tinggi Dan Pencegahannya

2 thoughts on “Penyebab Darah Tinggi Dan Pencegahannya

  1. ass…. selain untuk darah tinggi apa kah bisa juga untuk struke ???dan bagi mana caranya konsumsi berpakali sehari dan gimana takaranya .makasi sblmnya…..

    • wa’alaikumsalam … selain untuk darah tinggi jelly gamat juga bisa untuk stroke, asam urat, kolesterol dan diabetes, cara konsumsinya 2 sendok makan = 30ml, 3x sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>